Fakta – Fakta Unik Di Dalam Museum Macam, Wajib Lihat

Museum MACAN atau Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara, tempat favorit baru musem seni di Jakarta yang dibuka oleh umum untuk pertama kalinya pada tanggal 3 November 2017. Dari namanya, terkadang membuat banyak orang salah. Dikira bahwa musium macam ini adalah museum untuk hewan buas macam (harimau). Padahal ini adalah salah satu museum seni di tanah air. Sekaligus jug museum pendidikan.

Jika anda berkunjung ke meseum ini anda akan menjumpai beberapa karya seni terbaik di seluruh Indonesia bahkan dunia. Mengunjungi museum ini anda jangan melewatkan berbagai hal dan juga aktivitas menarik yang tentunya bisa anda lakukan.

Yang Unik di Museum Macam

Museum MACAM kini telah menjadi pusat edukasi serta hiburan yang cocok untuk segala usia. Apa yang paling istimewa di Museum ini?

  1. Memiliki ratusan koleksi dan bisa dipamerkan secara berkala menyesuaikan dengan tema.

Sebelum ini sepertinya hampir tidak ada museum di Indonesia yang benar – benar sepenuhnya didedikasikan untuk karya seni modern dan juga kontemporer.

Jika anda pernah datang ke Museum ini dan melihat karya seni yang telah dipajang, belum tentu nantinya karya seni tersebut masih dipajang. Jadi memang akan selalu ada hal baru.

  1. Karya seni merupakan koleksi pribadi pemiliknya

Museum MACAM yang diplokamirkan oleh seorang Presiden Direktur perusahaan logistic PT. AKR Corporindo, Tbk, yang kita ketahui bukanlah orang yang bergerak di bidang seni. Haryanto Adikoesoemo yang telah 25 tahun menjadi kolektor – kolektor kurang lebih 800 karya seni terbaik modern ataupun kontemporer dari seluruh dunia.

Diketahui bahwa 50 % merupakan karya seni yang berasala dari Indonesia dan 50 persen lainnya berasan dari dataran Amerika Utara, Eropa, China dan bagian Asia yang lainnya.

  1. Karya seni langka dari berbagai penjuru tersajikan di meseum ini anda bisa melihat karya seni dari dunia atau tanah air.

Di Meseum Macam ini anda bisa menemukan karyaseni dari maestro Indonesia yang mendunia seperti Raden Saleh, Henk Ngantung, Affandi dan juga Dullah telah ditampilakn di Museu ini. Selain itu juga ada karya mancanegara lainnya seperti karya seniman Pop Amerika Serikat Andy Warhol dan patung karya jeff Koons. Tentu ini adalah hal yang langka terjadi, dan anda harusnya bisa menyaksikan lukisan mereka secara langsung di Museum Macam ini.

Anda membawa anak – anak anda? Tidak perlu bingung ia akan tertarik atau tidak? Bawa saja anak anda ke tempat yang telah disediakan untuk anak – anak di Museu Macam ini. Tempat yang sesuai adalah ruang seni anak, ruangan ini bak dunia fantasi penuh dengan warna. Ruang seni nya dinamai dengan Floating Garden atau Taman Apung oleh pebuatnya sendiri Entang Wiharso. Ia adalah seorang senian juga.

Pada dinding terdapat cetakan alumunium yang sangat menarik yang memiliki bentuk flora, fauna dan manusia – manusia. Untuk anak – anak telah disediakan alat tulis lengkap dengan pensil warnanya untuk mencoba berkreasi dengan berbagai bentuk seperti arsiran warna – warni, menggabar dan lain sebagainya.

Museum Macam sangat cocok untuk liburan keluarga, selain sebagai hiburan museum ini memberikan edukasi yang sangat beragam dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *