Berikut Ini Tips Merawat AC Supaya Awet

service ac
(Gambar ; pixabay.com)

Dengan adanya pemanasan global suhu udara di dunia ini menjadi meningkat, sehingga udara yang terasa saat ini semakin merasa panas. Hal ini yang membuat suasana di rumah menjadi tidak nyaman, karena udara di rumah menjadi panas sehingga bisa membuat penghuninya menjadi gerah. AC yang memiliki ukuran kipas yang besar akan bisa mendinginkan ruangan dengan lebih cepat. Akan tetapi perlu disesuaikan juga antara ukuran mesin AC dengan kipas di dalamnya. Jadi sebaiknya ukuran kipas dan mesin AC memiliki ukuran yang proporsional guna menghasilkan udara dingin yang sangat baik. Adanya fitur tambahan juga bisa menjadi nilai lebih pada AC yang memiliki kualitas yang sangat baik. Supaya kualitas AC tetap terjaga dalam waktu yang cukup lama, maka anda harus merawatnya dengan baik dan benar. Untuk itu dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang beberapa tips merawat AC supaya awet sebagai berikut :

Selalu Bersihkan Filter AC

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam merawat AC supaya awet adalah selalu membersihkan filter AC secara rutin. Hal ini dilakukan karena debu yang menumpuk pada filter AC akan menghalangi fungsi sisten AC. Akibatnya akan membuat AC anda lebih cepat rusak. Maka dari itu ganti atau bersihkan filter AC anda minimal satu atau dua bulan sekali.

Kumparan AC

Selain harus membersihkan filter AC, anda juga jangan melewatkan untuk membersihkan kumparan AC. Walaupun filter selalu dibersihkan dengan rutin, namun debu juga mungkin bisa menumpuk pada kumparan AC. Sehingga debu yang menumpuk ini bisa menghambat aliran udara serta bisa memisahkan ruang pada kumparan, yang akhirnya bisa mengurangi kemampuannya dalam menyerap panas. Oleh sebab itu cek selalu kumparan AC anda secara rutin setiap tahun dan bersihkan.

Selalu Periksa Thermostat

Tips berikutnya dalam merawat AC supaya awet adalah selalu periksa thermostat. Hal ini dilakukan supaya untuk memastikan AC bisa bekerja dengan baik dan benar serta menjaga temperatur ruangan supaya tetap stabil. Maka dari itu atur thermostat ini dengan temperatur yang lebih tinggi pada saat rumah kosong, dan tidak dianjurkan untuk mematikan AC karena membutuhkan energi yang lebih besar untuk menyalakannya kembali. Setelah anda beserta keluarga pulang ke rumah, baru turunkan temperaturnya. Sehingga dengan melakukan hal tersebut, anda bisa menghemat energi tanpa harus membuat AC menyala seharian penuh dengan energi yang cukup besar.

Cek Kipas

Tips selanjutnya adalah cek kipas AC anda. Caranya adalah matikan dahulu AC anda, kemudian periksa kipas yang terpasang di atas unit kondensator bagian luar. Dan pastikan bahwa kipas masih berada dalam kondisi yang masih bagus dan layak pakai. Namun jika pisau kipas ada retak atau pecahan, maka anda harus menggantinya dengan yang baru.

Servis Secara Berkala

Tips yang terakhir supaya AC anda tetap awet adalah lakukan servis secara berkala. Untuk itu tidak ada salhnya jika anda menyisihkan uang untuk menggunakan jasa layanan service AC untuk memeriksa kelayakan AC anda. Perlu diketahui bahwa merawat AC secara teratur ini bukan hanya bisa menghemat uang serta energi saja, tetapi juga bisa membuat rumah anda tetap nyaman pada kondisi cuaca sedang panas sekalipun.

Itulah beberapa tips dalam merawat AC agar tetap awet dan tidak mudah rusak.