Ambil Cicilan TV Bekas, Worth It Gak Ya?

Kredit HP Pakai Aplikasi Kredivo, Cukup KTP dan 1 Menit untuk Daftar -  Tribunnews.com Mobile

Di tengah maraknya layanan streaming film online, tetap aja, TV menjadi salah satu alat elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki sebagai salah satu sarana hiburan di rumah. Bahkan kini, jenis dan model TV juga semakin beragam. 

Salah satunya yang terpopuler adalah Smart TV, TV yang bisa terhubung ke internet dan bisa mengakses berbagai aplikasi streaming film untuk pengalaman menonton yang lebih memuaskan. 

Karena model dan spesifikasinya yang makin beragam, harga TV tidak bisa dikatakan murah karena berkisar mulai Rp 2 juta hingga puluhan juta. Makin bagus spesifikasi dan besar sekaligus elegan ukurannya, harganya akan jadi lebih mahal. 

Inilah yang membuat TV bekas juga masih laku dan ada peminatnya. Sama dengan AC bekas dan peralatan rumah tangga lain yang harganya di atas Rp 2 jutaan. 

Akan tetapi, nggak semua alat elektronik bekas layak dibeli alih-alih memilih yang baru. Kadang-kadang, dengan harga yang hanya beda sedikit, beli baru bisa lebih membawa keuntungan dibanding beli atau ambil cicilan tv bekas.  

Kalau kamu berminat ambil cicilan TV bekas, sebaiknya pertimbangkan dulu 4 hal ini supaya nggak rugi, ya: 

Worth jika TV masih keluaran terbaru dan berfungsi baik

Untuk kondisi TV yang masih belum lama keluar dan berfungsi baik, beli TV bekas masih worth it untuk dilakukan. Tetapi, TV bekas biasanya jarang ada di platform jual beli berbasis online seperti e-commerce. Jadi, untuk mencari perbandingannya akan cukup susah. 

Akan lebih baik, TV bekas dibeli di toko di mana kamu bisa melihat barang secara langsung, memeriksa, dan membandingkannya dengan yang lain. 

Worth jika budget untuk cicilan TV tidak begitu besar

Bagi sebagian orang, TV hanya sebatas pemanis yang ditaruh di ruang keluarga untuk sesekali digunakan, misalnya di akhir pekan. Oleh karena itu, mungkin TV baru yang spesifikasinya tinggi dan harganya cukup mahal, tidak begitu diperlukan. 

Begitu juga jika kamu tidak punya bujet yang terlalu besar, hanya berkisar Rp 1 juta sampai Rp 2 jutaan. TV bekas bisa menjadi pilihan untuk di rumah. 

Tidak worth jika harga TV masih terjangkau & sesuai bujet

Meski tidak secepat smartphone perilisan seri terbarunya, produsen TV juga masih meluncurkan berbagai seri TV terbaru dengan teknologi yang sudah disesuaikan. Salah satunya adalah Xiaomi TV A2 43 Inch UHD 4K yang dirilis bulan Juli 2022 oleh Xiaomi dengan harga mulai dari Rp 3.9 jutaan. 

Selain Xiaomi terbaru, banyak juga TV dengan brand elektronik ternama lainnya yang menjual TV dengan harga lebih murah. Misalnya, ada Realme Smart Android TV 32 Inch yang harganya sekitar Rp 2,5 jutaan, ada juga Toshiba LED TV FHD Smart TV 43 Inch yang harganya sekitar Rp 3,6 jutaan. 

Jika bujet kamu masih cukup dan berlebih, maka ambil cicilan TV baru lebih disarankan. Selain spesifikasinya masih terjamin original dan dapat berfungsi baik, garansi TV baru juga masih bisa kamu dapatkan kalau-kalau terjadi kerusakan. 

Tidak worth jika pilihannya tidak begitu banyak

Beli TV bekas, juga tidak disarankan jika pilihannya tidak begitu banyak. Sebab biasanya, TV bekas bisa didapatkan di toko-toko tertentu yang sifatnya konvensional. Sementara di online, penjualan TV bekas biasanya jarang ditemukan.

Rekomendasi layanan cicilan TV tanpa bunga

Untuk kamu yang berminat ambil cicilan TV dan punya bujet lumayan, ada Kredivo yang bisa kamu coba di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, JD.ID dan bahkan di beberapa toko offline seperti Electronic City. 

Selain punya banyak pilihan merchant, Kredivo juga menawarkan layanan cicilan TV yang menarik. Kamu bisa memilih cicilan 0% dengan tenor maksimal 3 bulan. Ada juga cicilan dengan tenor 6 sampai 12 bulan, dengan bunga rendah, hanya 2.6% per bulan. 

Daftarnya juga gampang banget, kamu hanya perlu unduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store dan pilih registrasi akun Premium. Syarat untuk daftar akun Kredivo hanya ada 3, yaitu: 

  1. WNI berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Punya pekerjaan dan penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisil di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak.

Jika sudah submit pendaftaran, kamu hanya perlu menunggu dalam 1 x 24 jam ke depan untuk proses approval. Kalau disetujui, akunmu akan aktif dan memiliki limit kredit yang bisa dipakai untuk transaksi cicilan TV di merchant yang bermitra dengan Kredivo. 

Limit maksimal yang bisa diberikan Kredivo adalah Rp 30 juta. Limit akan terbagi dalam beberapa tenor. Sebelum ambil cicilan TV, kamu perlu menyesuaikan bujet dan juga limit tenor mana yang ingin diambil.

Plus, kamu juga bisa menggunakan menu kalkulator cicilan untuk mengecek simulasi cicilan TV pilihanmu per bulannya. 

Comments |0|

Legend *) Required fields are marked
**) You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
In category: Uncategorized